Pages

Jumat, 29 Juni 2012

bahasa pemrograman dalam al-qur'an


bisa jadi,
anda adalah orang kesekian yang menyatakan dan atau mengatkan bahwa saya adalah orang yang "unik", sekalipun dengan penuh kesadaran saya paham bahwa yang kalian maksud adalah saya adalah orang yang "aneh" hehehe

suatu hari disaat masih muda dulu,
jaman saya masih jadi mahasiswa D4 politeknik
saya mendapatkan apa yang namanya pelajarana "bahasa pemrograman"
pelajaran paling sulit yang bisa saya cerna waktu itu,
maklumlah, dari SMP SMA saya tak mengenal tuh pelajaran,
apalagi dlu dosen saya super canggih,
Bapaknya ngomong kamana saya nyambungnya kemana pantes saja kalau dulu dapet C hehehe
bagaima logika sebuah kata-kata, frasa-frasa dan atau kalimat kalimat yang disusun sedemikian rupa sehingga menghasilkan tampilan yang "wow"
*ndeso, mungkin satu kata yang tepat buat menggambarkan pemahaman saya waktu itu tentang bahasa pemrograman,

lain hal ceritanya,
pada saat itu saya yang dengan saklek memahami bahwa di dalam "Al-qur'an" ada "segalanya"
maka saya bertanya tanya
"apakah bahasa pemrograman ada dalam alqur'an???"

berbulan bulan saya hanya menuliskan keingintahuan saya tersebut dalam sebuah kertas F4 yang tertempel dipintu kosan sebelah timur, "ingin tahu ayat tentang bahasa pemrograman"
berharap suatu saat saya akan menemukan jawabanya..

dan ternyata setelah sekian waktu
ketika ada seminar di ITS, saya pun dengan puas mendapati seorang ustadz yang kurang lebih berkata demikian,
"laksana bahasa pemrograman, istilah looping ada dalam alqur'an
Dalam surat Alam Nasyroh, Allah Ta’ala berfirman,
فَإِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا
Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.” (QS. Alam Nasyroh: 5)
Ayat ini pun diulang setelah itu,
إِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا
Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.” (QS. Alam Nasyroh: 6)"

jazakallah khoir ustadz,
hehehehe
maka terjawab sudah
bahwasanya al-qur'an mampu menjawab setiap pertanyaan..
hanya saja mungkin manusia perlu eksperimen bertahun2 untuk membuktikanya










Cemunguudht

3 komentar:

Andriani Suryansyah mengatakan...

salam kenal. kalau saya menemukan bahwa haamiim itu bermakna 'program'. kalau nemu yg lain share ya :)

Satria Baju Hitam mengatakan...

PENS juga ya ?

HABIBI mengatakan...

Konsep paling dasar pemrograman itu sdh ada di Al-quran yaitu setiap sesuatu berpasangan sesuai logika pemrograman 0 dan 1

Posting Komentar