Pages

Kamis, 23 Juni 2011

troubleshoot

ehhehe ga penting,
tapi tulah aku sekarang
ingin membukukan setiap aktifitas yang aku temui
dan beginilah kisahnya
hari ini aku dapat tugas dinas lagi dr kantor,
sejak kemarin tertanggal 5 april 2011
aku dapat jatah onsite di salah satu BUMN pengolahan minyak
banyak trouble jaringan yang terjadi
mungkin begitulah hukum alam ketika migrasi network
tak akan seru jika tak ada trouble
jalan jalan keliling pertamina,
menjadi menu rutin pekerjaan di site,
*wahh sepatu baru ku,,,semoga tidak lecet :(
tapi asyk dan seru..
bagi penyuka jaringan kayak aku..
itulah sebuah pembelajaran,, apalagi aku tergolong engineer yang masih baru..
masih bau kencur *bukan bau tanah lo ya :P
berikut ini sedikit ilmu trouble shoot yang aku dapatkan

1. pastikan kabel terpasang (indikator led)
untuk melihat kabel mana yang terhubung maka gunakan ilmu cabut-colok
kalo kable belum terpasang pastilah led mati
kalo ternyata sudah dicolokin tapi mati juga
maka pakailah lan tester untuk mengetes sambungan,
karena kemungkinan salah kabel yang dicolok *dan ini sangat mungkin

2. selanjutnya jika sudah dipastikan sambungan antar kabel benar
dan masih terdapat pesan "unplug" pada pc user maka coba gantilah speednya
bisa jadi ethernetnya cm mampuu akses dengan speed 10 Mbps *hahaa jadul eu,tapi inilah realita

3. jika tahap 1 dan 2 sudah maka pastikan vlan nya benar,
jangan sampai salah vlan
atau trunk nya mati hahaaha

indramayu 6 april 2011

0 komentar:

Posting Komentar